Persahabatan itu...


Sebelum kita berpendapat tentang persahabatan, di bawah ini ada beberapa pendapat tentang persahabatan menutut ahli :

Menurut McDevitt dan Ormrod (2002), setidaknya terdapat tiga kualitas yang membedakan persahabatan dengan bentuk hubungan teman sebaya lainnya, yaitu:

  1. They are voluntary relationships (adanya hubungan yang dibangun atas dasar sukarela.
  2. They are powered by shared routines and customs (hubungan persahabatan dibangun atas dasar kesamaan kebiasaan)
  3. They are reciprocal relationships (persahabatan dibangun atas dasar hubungan timbal balik.

Menurut Santrock (1998), karakteristik yang paling umum dari persahabatan adalah keakraban (intimacy) dan kesamaan (similiarity).
Intimacy dapat diartikan sebagai penyingkapan diri dan berbagai pemikiran pribadi. Karenda kedekatan ini, anak mau menghabiskan waktunya dengan sahabat dan mengekspresikan efek yang lebih positif terhadap sahabat dibandingkan dengan yang bukan sahabat (Hartub, 1989)


Menurutku persahabatan adalah suatu jalinan yang terjalin diantara dua individu atau lebih, baik yang terjadi antara sesama manusia, antara hewan atau bahkan antara manusia dengan hewan. Saat jalinan ini terjadi akan ada suatu perasaan memiliki, melindungi dan menyayangi. Cara hubungan ini terbentuk juga bermacam-macam, setiap persahabatan memiliki jalannya sendiri. Terkadang baru kenal saja persahabatan itu bisa terbentuk, terkadang juga butuh proses perkenalan yang cukup lama atau harus bermula dari suatu persaingan.

Perjalanan suatu persahabatan tak selalu mulus, beberapa diantaranya akan mengalami pertengkaran, kesalahpahaman bahkan berakhir sebagai kenangan saja.
Saat kesalahpahaman terjadi biasanya dua orang sahabat akan saling mengacuhkan walau sebenarnya pada dalam hatinya tak ingin seperti ini, ada sesuatu yang mengganjal dan merasa bersalah, rasa bersalah inilah yang kemudian mengajarkan tentang arti bijak kemudian mendorongnya untuk meminta maaf dan memaafkan.

Tapi tidak sedikit juga yang berhasil menyelesaikan masalah yang ada dan terus berlanjut sampai hari tua.

Semoga kisah persahabatanmu adalah kisah yang tak pernah berakhir sampai hari tua nanti ya :-)

Comments

Popular posts from this blog

Apa yang salah dengan nilai 0?

Membuat Progress Bar dengan C++

Resensi Film Negeri 5 Menara